5 Pemanfaatan Minyak Jelantah Guna Pangkas Pencemaran Lingkungan

5 Pemanfaatan Minyak Jelantah Guna Pangkas Pencemaran Lingkungan

Jakarta -Minyak jelantah adalah minyak bekas pemakaian, baik pemakaian kebutuhan rumah tangga maupun usaha.

Minyak jelantah meliputi minyak sawit dan minyak goreng lainnya.

Senyawa karsinogenik yang terakumulasi di minyak jelantah terbentuk akibat proses penggorengan yang dilakukan berulang kali.

Senyawa ini berpotensi meningkatkan risiko kanker jika terus digunakan untuk menggoreng makanan. Bukan hanya berbahaya bagi tubuh, minyak jelantah juga merusak tanah yang dilaluinya.

Minyak jelantah dapat dimanfaatkan kembali atau didaur ulang agar menjadi sesuatu yang tidak berbahaya baik bagi tubuh manusia maupun lingkungan.

Dilansir dari laman

-Sabun Cuci Baju

Minyak jelantah dapat dibuat menjadi sabun cuci baju dengan tambahan bahan lain seperti natrium hidroksida (soda api), jahe, jeruk nipis, daun binahong, dan air. Cetakan juga diperlukan untuk membentuk sabun dari minyak jelantah ini. Proses pembuatannya dari penjernihan, penggorengan atau pemanasan, pencampuran dengan soda api, hingga pencetakan memerlukan waktu 3 sampai 5 hari.

-Pupuk tambahan

Pada umumnya, minyak jelantah tidak baik untuk tanah akibat reaksi yang ditimbulkan dari penggorengan yang berulang-ulang. Meskipun demikian, lemak jenuh yang tinggi tersebut dapat membantu pertumbuhan tanaman. Pupuk ini hanya berfungsi sebagai pupuk tambahan, sehingga harus ditambahkan pada pupuk kandang atau kompos sebagai pupuk utama.

-Bahan bakar lampu minyak

Tidak semua orang memiliki lampu emergency, Sehingga, jika terjadi mati lampu di rumah Anda, bisa jadi Anda memerlukan lampu minyak untuk menerangi rumah.

Minyak jelantah bisa menjadi bahan bakar lampu minyak yang diletakkan pada wadah tahan panas sementara sumbu kompor dicelupkan ke dalamnya sebelum api dinyalakan.

-Cairan pembersih lantai

Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta pernah mengubah minyak jelantah menjadi pembersih lantai. Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan tahun 2012 ini memproduksi cairan pembersih lantai dalam beberapa aroma, yaitu jeruk nipis, apel, bougenville, dan melati. Dikutip dari laman UNY, harganya ekonomis dan kualitas cairan pembersih lantai yang dihasilkan juga baik.

-Biodiesel

Biodiesel dapat terurai dengan bantuan mikroorganisme, tidak beracun, dan dapat menggantikan bahan bakar solar. Bahan biodiesel yang umumnya berasal dari minyak sawit dan produk turunanya membuat minyak jelantah cocok untuk dimanfaatkan sebagai biodiesel.

Dilansir dari laman

QailaSetiap orang pasti akan mengalami patah hati yang mengubah cara pandangnya terhadap cinta seumur hidupnya.

Posting Komentar untuk "5 Pemanfaatan Minyak Jelantah Guna Pangkas Pencemaran Lingkungan"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *