5 Tips Menyalip Kendaraan yang Baik dan Aman

5 Tips Menyalip Kendaraan yang Baik dan Aman

Saat berkendara di jalan raya, pengendara perlu mengetahui adab dan etika agar tetap aman dan terhindar dari kecelakaan. Selain itu, salah satu yang harus dipahami pengendara adalah tips aman saat menyalip kendaraan lain.

Sebenarnya, pihak berwajib telah menyediakan rambu lalu lintas yang dapat membantu pengendara untuk mengemudikan mobilnya dengan tepat sesuai situasi jalan. Hanya saja, rambu-rambu tersebut kerap kali diabaikan dan berpotensi mengganggu keselamatan berkendara diri sendiri dan orang lain.

Berikut adalah 5 tips menyalip kendaraan lain dengan benar dan aman, dihimpun dari laman Wuling Indonesia hari ini, Selasa, 19 Oktober 2021.

Sebelum mendahului kendaraan lain, sebaiknya lihat kondisi jalan sekitar. Lihat apakah ada rambu dilarang mendahului karena kondisi jalan yang tidak memungkinkan.

Perhatikan juga visibilitas jelas sebelum menyalip dan pastikan tidak ada kendaraan lain dari arah berlawanan. Hindari menyalip saat visibilitas kurang jelas, misalnya saat hujan deras atau saat berada di tikungan.

Saat hendak menyalip kendaraan di depan, pastikan performa mobil dalam kondisi baik dan tidak membawa beban yang berat. Jangan sampai bobot yang berat membuat laju kendaraan tidak maksimal dan justru membahayakan diri saat sedang menyalip.

Pengendara saat ini kerap kali menyalip dengan mengikuti kendaraan di depan. Padahal hal tersebut sangat berbahaya dan berpotensi menyebabkan kecelakaan beruntun.

Mobil yang kita buntuti mungkin sudah memperhitungkan ruang yang cukup saat sedang menyalip, namun ruang tersebut tidak cukup saat kita menyalip. Selain itu, menyalip mengikuti kendaraan di depan juga membuat kita tidak memiliki visibilitas yang baik.

Sebelum menyalip, pastikan kondisi jalan bersih, artinya tidak ada kendaraan lain dari sisi depan, belakang, dan sisi blind spot. Saat hendak mendahului, terkadang ada saja sepeda motor yang turut menyalip namun tak terlihat oleh pengendara. Oleh sebab itu pengendara harus rajin mengecek kaca spion di bagian tengah dan samping.

Pastikan lampu sein dinyalakan saat hendak menyalip kendaraan lain. Hal ini akan menjadi penanda bagi pengguna jalan lain agar mereka bisa waspada bahwa ada kendaraan lain yang hendak mendahului.

Jangan lupa untuk mengakselerasikan kendaraan lebih cepat daripada seharusnya ketika menyalipm, supaya tidak membahayakan pengendara lain.

QailaSetiap orang pasti akan mengalami patah hati yang mengubah cara pandangnya terhadap cinta seumur hidupnya.

Posting Komentar untuk "5 Tips Menyalip Kendaraan yang Baik dan Aman"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *