6 Oleh-Oleh Kuliner Yogyakarta Bukan Cuma Bakpia

6 Oleh-Oleh Kuliner Yogyakarta Bukan Cuma Bakpia

Yogyakarta memiliki segudang makanan khas yang kerap dijajal oleh turis. Bakpia menjadi salah satu kuliner Yogyakarta terpopuler yang dipilih menjadi buah tangan wisatawan. Selain bakpia, masih banyak makanan yang cocok dijadikan oleh-oleh sepulang dari Kota Pelajar.

1. Bakpia kukusBakpia kukus tersedia dan dapat dibeli di Bakpia Kukus Tugu Jogja. Bakpia kukus berbeda dengan bakpia pathuk. Bakpia kukus memiliki tekstur yang lebih lembut dan tersedia dalam berbagai varian isi, seperti coklat, kacang hijau, kacang merah, keju, stroberi, dan pandan.

2. Gudeg kalengGudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang biasanya langsung dimakan atau dibungkus untuk dimakan di rumah. Namun, bagaimana jika ada gudeg kalengan yang memiliki masa kadaluarsa yang cukup lama? Masa berlaku gudeg kaleng dapat mencapai satu tahun.

3. Keripik welutKeripik welut atau keripik belut biasa dijual di daerah Godean, Sleman. Di sana, terdapat Pusat Kuliner Belut yang menjajakan makanan ini dengan harga kira-kira Rp 10.000,00 per kilogram. Selain keripik belut, terdapat pula olahan lain yang ditawarkan.

4. Jadah tempe tahu bacemJadah Tempe Mbah Carik adalah makanan khas Yogyakarta selanjutnya. Makanan ini hanya dijual di sekitar tempat wisata Kaliurang atau Jalan Kaliurang atas, di sekitar lereng Gunung Merapi. Jadah tempe terdiri dari olahan ketan, tempe, dan tahu bacem. Penjual olahan jadah tempe yang terkenal adalah Jadah Tempe Mbah Carik. Mengutip Sastro Dinomo atau Mbah Carik memperkenalkan makanan ini pada tahun 1950-an.

5. GeplakGeplak terbuat dari santan, parutan kelapa dan gula. Rasanya manis dan memiliki bermacam warna sesuai dengan rasa yang diinginkan, seperti nangka, durian, dan vanilla. Makanan ini mudah didapatkan di seluruh pusat oleh-oleh Yogyakarta.

6. Wedang uwuhWedang uwuh atau minuman sampah tidak benar-benar terbuat dari sampah. Dinamakan demikian karena rempah-rempah yang digunakan membuat penampilannya berantakan. Minuman tradisional ini memberikan rasa hangat pada tubuh saat diminum. Kombinasi pedas manis membuat rasanya unik.

Yogyakarta memiliki banyak olahan makanan khas lain yang wajib dicicipi dan sebagai oleh-oleh, terutama olahan kekinian yang diminati berbagai kalangan usia. Jika sudah bosan dengan bakpia, Anda dapat mencoba kuliner lain yang dapat ditemui di seluruh penjuru Yogyakarta.

QailaSetiap orang pasti akan mengalami patah hati yang mengubah cara pandangnya terhadap cinta seumur hidupnya.

Posting Komentar untuk "6 Oleh-Oleh Kuliner Yogyakarta Bukan Cuma Bakpia"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *