Aneka Bahan Alami Ini Bisa Disulap Sebagai Obat Sariawan Ampuh

Aneka Bahan Alami Ini Bisa Disulap Sebagai Obat Sariawan Ampuh

Jakarta -Penyakit mulut sariawan atau canker sores sudah tidak asing lagi di telinga.

Walaupun bukan termasuk penyakit yang serius, tetapi sariawan bisa sangat mengganggu aktivitas penderitanya. Efek yang ditimbulkan oleh sariawan pun beragam, mulai dari sakit ketika berbicara dan minum, nafsu makan berkurang, hingga rasa nyeri di mulut.

Melansir dari idai.or.id, penyakit mulut ini terjadi karena adanya peradangan baik di jaringan lunak mulut maupun di dalam rongga mulut, seperti di gusi, lidah, langit-langit mulut, ataupun bagian dalam bibir.

Sariawan berbentuk bulat dengan bercak putih dan kemerahan yang mengelilinginya. Sebenarnya, sariawan dapat sembuh dengan sendirinya selama 1-2 minggu. Namun, tidak ada salahnya untuk melakukan pengobatan tambahan untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan sekaligus mempercepat proses pemulihan.

Selain mengggunakan obat-obat kimia, alternatif pemulihan sariawan dapat menggunakan bahan-bahan alami. Melansir dari berbagai sumber, berikut empat bahan alami yang dapat dipakai untuk mengobati sariawan.

Air Garam

Dikutip dari webmd.com, penggunaan air garam untuk obat sariawan berfungsi sebagai anti bakteri dan anti inflamasi alami. Berkumur dengan air garam juga dapat membantu mencegah infeksi dalam mulut. Caranya, tuang dua sendok teh garam dalam segelas air hangat kemudian aduk. Kumur menggunakan air garam tersebut selama beberapa kali dalam sehari hingga sariawan mengecil.

Madu

Madu berguna sebagai bahan anti-bakteri dan anti-inflamasi alami yang dapat mempercepat pemulihan dan rasa nyeri dari sariawan, sebagaimana dijelaskan dalam healthline.com. Oleskan madu di bagian sariawan sesering mungkin dalam satu hari.

Daun Sirih

Sebagaimana dijelaskan dalam Jurnal Majalah Farmasetika edisi 2018, daun sirih mengandung antiseptic yang dapat menekan munculnya bakteri dan jamur. Daun sirih bisa meredakan nyeri akibat sariawan. Gunakan rebusan daun sirih untuk obat berkumur.

Tanaman Gambir

Mengutip dari Majalah Jurnal Majalah Farmasetika edisi 2018, tanaman gambir dikenal sebagai obat sariawan karena kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai anti-bakteri.

Untuk obat sariawan, tanaman gambir dapat digunakan dengan cara mengunyahnya. Meskipun rasanya pahit dan kelat, tetapi lama kelamaan tanaman gambir akan terasa manis.

QailaSetiap orang pasti akan mengalami patah hati yang mengubah cara pandangnya terhadap cinta seumur hidupnya.

Posting Komentar untuk "Aneka Bahan Alami Ini Bisa Disulap Sebagai Obat Sariawan Ampuh"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *