Berapa Lama Manusia Bisa Hidup Tanpa Air?

Berapa Lama Manusia Bisa Hidup Tanpa Air?

Kebutuhan hidrasi yang cukup sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Tubuh manusia perlu mengkonsumsi air setiap hari agar dapat berfungsi dengan baik. Hal tersebut juga berhubungan dengan manusia yang terus-menerus mengeluarkan air melalui keringat dan buang air kecil, sehingga tubuh mereka perlu mengisi kembali cairan yang hilang.

Melansir dari Medicalnewstoday, tubuh membutuhkan banyak air untuk menjalankan banyak fungsi penting, seperti menyeimbangkan suhu internal dan menjaga sel tetap hidup. Sebagai aturan umum, seseorang dapat bertahan hidup tanpa air selama sekitar 3 hari.

Anda tidak akan hidup lama tanpa mengkonsumsi jumlah air yang tepat. Selain itu Anda akan rentan terhadap efek dehidrasi lebih cepat, tergantung pada faktor-faktor tertentu.

Melansir dari Health Line, dehidrasi adalah istilah medis untuk tidak memiliki cukup air dalam tubuh Anda untuk berfungsi dengan baik. Tubuh Anda membutuhkan sejumlah air setiap hari untuk menjaga kesehatan. Ini karena air membentuk 60 persen dari berat badan Anda. Pada anak-anak, air membuat hingga 75 persen dari berat badan mereka.

Anda tidak dapat bertahan hidup tanpa air untuk waktu yang lama, tetapi jumlah waktu yang tepat Anda dapat hidup tanpa air bervariasi. Ini karena faktor-faktor tertentu berkontribusi pada penggunaan air oleh tubuh Anda, termasuk keadaan lingkungan, tingkat aktivitas, usia, kesehatan, berat, seks, dan asupan makanan.

Faktor-faktor ini berkontribusi terhadap kebutuhan air yang Anda perlukan. Misalnya, dalam iklim panas, tubuh Anda akan berkeringat lebih banyak dan membutuhkan hidrasi lebih banyak. Tubuh Anda akan kehilangan air lebih cepat jika Anda demam, muntah, atau diare. Anda juga akan menggunakan lebih banyak air jika Anda berolahraga.

Selain itu, beberapa makanan yang Anda makan akan mengandung lebih banyak juga berpengaruh pada tingkat hidrasi. Konsumsi air juga bisa dalam bentuk minuman lain seperti teh herbal dan jus. Namun, beberapa minuman dapat menyebabkan dehidrasi, seperti yang mengandung kafein atau alkohol.

Sebuah studi menyimpulkan bahwa Anda tidak dapat bertahan lebih dari 8 hingga 21 hari tanpa makanan dan air.

Air jauh lebih penting bagi tubuh Anda daripada makanan. Orang-orang yang melakukan mogok makan tanpa makanan tetapi dengan akses ke air dapat hidup beberapa bulan atau lebih lama. Satu artikel di British Medical Journal merekomendasikan agar mereka yang melakukan mogok makan minum 1,5 liter air sehari untuk menjaga kadar cairan dalam tubuh. Artikel tersebut juga merekomendasikan menambahkan setengah sendok teh garam ke dalam air per hari untuk menggantikan natrium yang hilang melalui keringat.

QailaSetiap orang pasti akan mengalami patah hati yang mengubah cara pandangnya terhadap cinta seumur hidupnya.

Posting Komentar untuk "Berapa Lama Manusia Bisa Hidup Tanpa Air?"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *