Hari Batik Nasional, Ada Hibah Buat Diplomasi Batik di Kantor Kedutaan Indonesia

Hari Batik Nasional, Ada Hibah Buat Diplomasi Batik di Kantor Kedutaan Indonesia

Kementerian Luar Negeri menerima hibah ratusan batik dari pendiri BIN House, Josephine Komara dan Yayasan Batik Indonesia dalam memperingati Hari Batik Nasional. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menerima hibah tersebut sebagai bagian dari diplomasi batik yang akan dilakukan di setiap kantor kedutaan Indonesia di luar negeri.

“Sebagai ujung tombak diplomasi Indonesia, kami akan terus berupaya agar batik semakin dikenal lewat berbagai kesempatan untuk tampil di panggung dunia,” kata Retno Marsudi dalam jumpa daring “Hibah Batik dari BIN House dan Peminjaman Batik Lawas dari Yayasan Batik Indonesia pada Perwakilan RI di Luar Negeri”, Sabtu 2 Oktober 2021. Setiap 2 Oktober merupakan Hari Batik Nasional karena pada tanggal itu di 2009, UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi.

Retno Marsudi menjelaskan, salah satu bentuk diplomasi batik yang baru-baru ini berlangsung adalah munculnya batik Papua dalam ajang New York Fashion Week. Ada pula pameran pesona batik Indonesia di Museum All Russian Democratic Art, Moskow, yang berjalan selama satu bulan.

Pada kesempatan itu, Josephine Komara atau biasa disapa Obin menghibahkan kain batik dari butik BIN House. Kain batik tersebut akan dipasang di setiap kedutaan dan perwakilan Indonesia di seluruh dunia. “Kain-kain ini adalah hasil pintalan, tenunan, dan penyampingan tangan,” kata dia.

Total ada 132 hibah batik dari Obin. Pada setiap kain terdapat catatan yang berisi informasi mengenai asal kain, proses pembuatan, dan artinya. Ada pula peminjaman koleksi batik lawas yang berusia lebih dari 20 tahun pada 15 kantor perwakilan Indonesia di mancanegara, serta hibah 10 ribu masker batik dari Yayasan Batik Indonesia.

Retno Marsudi menambahkan, tahun depan Indonesia akan menjadi tuan rumah konferensi dunia tentang ekonomi kreatif dan terselenggaranya KTT G20. Retno berharap kegiatan tersebut membuka kesempatan untuk menunjukkan keunggulan produk Indonesia, termasuk batik.

QailaSetiap orang pasti akan mengalami patah hati yang mengubah cara pandangnya terhadap cinta seumur hidupnya.

Posting Komentar untuk "Hari Batik Nasional, Ada Hibah Buat Diplomasi Batik di Kantor Kedutaan Indonesia"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *