Jangan Panik Bila Tiba-Tiba Mobil Mogok di Jalan, Lakukan Tahapan ini

Jangan Panik Bila Tiba-Tiba Mobil Mogok di Jalan, Lakukan Tahapan ini

Mobil mogok kadang membuat pengemudi kebingungan apalagi kejadian terjadi di jalanan yang macet. Jika sang pengemudi mengenal karakter mobil yang dikendarainya dan memiliki bekal yang cukup dalam memperbaiki mobil, maka ia cenderung lebih tenang dalam mengatasinya. Namun bagi pengemudi yang hanya mengerti bagaimana cara mengoperasikan mobil tentu kondisinya berbeda.

Sebab, rasa panik justru akan menyulitkan diri sendiri untuk mendapatkan solusi yang tepat. Melansir dari laman astraworld.com, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan ketika mobil mogok di jalan.

Tepikan kendaraanUsahakan untuk memarkir mobil di pinggir jalan atau area parkir terdekat agar tidak mengganggu kelancaran lalu lintas. Pemilik mobil bisa meminta warga setempat untuk membantu mendorong mobil ke pinggir. Pastikan tempat yang dipilih tidak terlalu sepi agar tidak mengundang hal yang tidak diinginkan.

Nyalakan lampu hazardTujuannya adalah agar lebih terlihat oleh pengendara lain, sehingga mobil yang melintas dapat mengetaui bahwa ada mobil yang sedang dalam kondisi darura. Lampu hazard juga dapat terlihat dari kejauhan, sehingga mobil yang melintas akan lebih berhati-hati dan memosisikan mobil lebih ke kanan.

Pasang segitiga pengamanPemilik mobil ketika mengalami masalah bisa langsung memasang segitiga pengaman agar kendaraan dari arah belakang tidak bingung. Segitiga pengaman biasanya diperoleh pada saat pembelian kendaran sebagai bagian dari peralatan. Segitiga pengaman biasanya sudah satu paket nih dengan tas P3K, dongkrak dll. Maka, jangan lupa untuk mempersiapkan segitiga pengaman.

Ketahui penyebab mogokSetelah mobil berada di tepi jalan, segera periksa kondisi mobil. Cari tahu apa penyebab mobil mogok. Apakah mesin, chasis, atau sekadar ban yang kempis.

Setelah sudah diketahui penyebabnya, maka pemilik mobil segera bisa memanggil pihak bengkel atau diperbaiki sendiri.

Periksa lampu indikatorBila penyebab mobil mogok berasal dari mesin, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memperhatikan informasi seputar kondisi mobil melalui lampu Indikator yang terletak pada panel instrumen. Melalui indikator tersebut pemilik mobil bisa mendapatkan petunjuk mengenai permasalahan yang sedang dihadapi.

Melansir dari laman auto2000.co.id, jika pemilik mobil sudah merasa kesulitan memperbaiki kendaraan sendiri atau bahkan tidak mau ambil pusing, maka sudah saatnya menghubungi jasa derek dan membawa mobil yang mogok ke bengkel terdekat.

QailaSetiap orang pasti akan mengalami patah hati yang mengubah cara pandangnya terhadap cinta seumur hidupnya.

Posting Komentar untuk "Jangan Panik Bila Tiba-Tiba Mobil Mogok di Jalan, Lakukan Tahapan ini"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *