Mengenal Bahan Cocoa Butter, Lemak Nabati Kaya Manfaat

Mengenal Bahan Cocoa Butter, Lemak Nabati Kaya Manfaat

Cocoa butter atau mentega kakao merupakan salah satu bahan yang digunakan sebagai bahan pembuat coklat. Cocoa butter juga dikenal memiliki banyak manfaat, seperti bahan obat-obatan, perlengkapan mandi, dan produk kesehatan kulit. Namun, nama cocoa butter mungkin asing di telinga sebagian orang. Yuk, simak ulasan mengenai cocoa butter berikut ini.

Melansir laman kemlu.go.id. cocoa butter merupakan lemak nabati yang memiliki warna kuning-pucat yang dibuat dari biji kakao. Cocoa butter juga disebut sebagai minyak theobroma dengan kandungan lemak yang paling stabil. Cocoa butter dapat bertahan dalam jangka waktu dua sampai lima tahun dan terhindar dari bau tengik karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Di Indonesia, cocoa butter menjadi barang ekspor utama bagi pasar Amerika, Belanda, China, Estonia, dan India.

Termasuk jenis lemak nabati, cocoa butter dihasilkan dari serangkaian proses, mulai dari fermentasi, pengeringan, pemanggangan, hingga pengambilan ekstraknya. Dilansir dari laman medicalnewstoday.com, cocoa butter telah dikonsumsi sejak 460 M dengan efek yang menyehatkan bagi tubuh. Bahan utamanya, yakni kakao dikenal karena perannya sebagai anti-inflamasi dan antioksidan.

Kandungan asam lemak yang tinggi membuat cocoa butter dikenal menyehatkan bagi kulit. Dijelaskan dalam laman healthline.com, cocoa butter memiliki kemampuan menghidrasi dan meningkatkan elastisitas kulit. Cocoa butter memiliki kandungan fitokimia, senyawa tumbuhan alami, yang dapat meningkatkan aliran darah ke kulit sekaligus mencegajh penuaan pada kulit. Bagi ibu hamil, cocoa butter digunakan untuk meminimalkan dan mencegah munculnya stretch mark melalui produk lotion.

Dalam pembuatan cokelat, cocoa butter merupakan komponen penting di dalamnya. Sebagaimana dijelaskan laman britannica.com, hal ini disebabkan bahan ini berperan dalam menghasilkan cetakan coklat yang kokoh hingga larut ketika dikonsumsi. Namun, saat ini penggunaan cocoa butter dalam coklat mulai dikurangi dan diganti menggunakan bahan sejenisnya sebab harganya yang mahal.

Penyimpanan cocoa butter harus diperhatikan dengan baik sebab sifatnya yang mudah meleleh. Mengutip laman thepruceeats.com, sebaiknya simpan cocoa butter dari cahaya dan panas secara langsung. Selain itu, sangat disarankan untuk menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering. Cocoa butter akan memiliki sifat tahan lama apabila dibarengi dengan tata cara penyimpanan yang benar.

QailaSetiap orang pasti akan mengalami patah hati yang mengubah cara pandangnya terhadap cinta seumur hidupnya.

Posting Komentar untuk "Mengenal Bahan Cocoa Butter, Lemak Nabati Kaya Manfaat"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *