Risiko Melewatkan Sarapan, Mulai dari Diabetes Tipe 2 hingga Obesitas

Risiko Melewatkan Sarapan, Mulai dari Diabetes Tipe 2 hingga Obesitas

Sebagian orang mungkin melewatkan waktu sarapan dengan alasan banyak hal. Salah satunya untuk mengurangi asupan kalori bersih agar menjadi langsing. Sebagian lain tidak bisa memulai hari jika tidak ada asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh mereka.

Sejatinya makanan membantu memberi daya pada sistem tubuh. Hampir setiap bagian tubuh akan terpengaruh jika tidak diberi asupan makanan. Perlu diingat, sarapan adalah makan pertama setelah tubuh tidak menerima asupan berjam-jam pada malam hari. Tentunya hal ini memiliki beberapa konsekuensi serius.

Berikut adalah beberapa bahaya yang akan terjadi jika melewatkan sarapan:

1. Risiko terserang penyakit

Ahli diet klinis di Texas Children’s Hospital Kristi King mengatakan orang yang melewatkan sarapan memiliki risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi serta risiko obesitas karena regulasi hormon, resistensi insulin, hipertensi, dan peningkatan risiko terkena serangan jantung.

2. Suasana hati yang buruk

Tubuh mengubah makanan menjadi energi. Jika energi tersebut kurang maka itu akan mempengaruhi suasana hati. Mereka yang melewatkan sarapan cenderung merasakan kelelahan serta mempengaruhi daya ingat.

3. Menurunkan fungsi kognitif

Dilansir protifoods.com, melewatkan sarapan bsia menurunkan fungsi kognitif. Studi menunjukkan mereka yang sarapan memiliki akurasi visual lebih baik. Karena kadar glikogen dalam tubuh terkuras saat tidur. Otak menggunakan glukosa sebagai bahan bakar agar berfungsi secara efektif. Setiap orang membutuhkan kadar glukosa darah yang stabil untuk meningkatkan fungsi kognitif.

4. Memicu rambut rontok

Jarang diketahui ternyata melewatkan sarapan bisa menyebabkan rambut rontok. Sarapan memiliki peran utama untuk mendorong pertumbuhan folikel rambut karena protein dalam tubuh tidak terpenuhi.

5. Mempengaruhi metabolisme

Mereka yang sarapan dengan teratur tentunya memiliki tingkat metabolisme tinggi. Metabolisme adalah proses yang digunakan tubuh untuk mencerna makanan dan mengubahnya menjadi energi.

Ketika metabolisme tubuh berjalan efektif, tubuh dapat membakar banyak kalori dan membantu menurunkan berat badan. Fungsi ini juga memberi makan otak, otot, dan setiap organ yang ada dalam tubuh hingga menjadikan dalam kondisi terbaiknya.

QailaSetiap orang pasti akan mengalami patah hati yang mengubah cara pandangnya terhadap cinta seumur hidupnya.

Posting Komentar untuk "Risiko Melewatkan Sarapan, Mulai dari Diabetes Tipe 2 hingga Obesitas"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *