Sadar Diri Posesif Terhadap Pasangan, Apa yang Harus Dilakukan?

Sadar Diri Posesif Terhadap Pasangan, Apa yang Harus Dilakukan?

Posesif merupakan sikap awal dari mengontrol, mengatur, atau menguasai orang lain, yang disebut juga controlling behaviour. Orang posesif biasanya merasakan kesedihan, kemarahan, kekhawatiran, ketakutan akan penolakan dan ditinggal pasangan. Apabila Anda menyadari memiliki sikap posesif, langkah apa yang bisa dilakukan?

Melansir laman webmd.com, guna mengurangi sikap posesif, hindarilah keinginan mengintai dan mencurigai pasangan secara berlebihan. Bicaralah baik-baik kepada pasangan tentang perasaan Anda, dan jalin komunikasi atau hubungan dengan orang lain, selain pasangan.

Berdasar Life Hack pada laman lifehack.org, Anda mungkin khawatir pasangan menggoda orang lain saat sedang berpergian. Mulai sekarang, cobalah percayai diri sendiri dan pasangan, sehingga Anda tidak perlu mengalami pikiran-pikiran negatif tentang pasangan.

Mengutip One Love di joinonelove.org, mengurangi kecenderungan posesif bisa Anda lakukan dengan bertanya dan berbicara pada diri sendiri. Tanyakan pada diri Anda apa yang ingin diperoleh dari kecenderungan sikap cemburu yang berlebihan. Dan tanyakan, apakah tindakan yang hanya mementingkan ego tidak akan menyakiti perasaan Anda dan pasangan? dan mulailah pertimbangkan banyak hal lainnya.

Terimalah bahwa Anda tidak bisa memaksakan orang lain untuk mencintai, maupun tetap setia pada Anda, karena keinginan tersebut hanya akan menyiksa diri sendiri dan pasangan. Apabila Anda mengalami perasaan kecemburuan dan kekhawatiran yang berlebihan, dan sering merusak hubungan, sebaiknya pertimbangan lagi untuk merelakan hubungan tersebut. Carilah kebebasan, dan mulai berbenah diri.

Namun, apabila kiat-kiat mengurangi sikap posesif pada diri sendiri tersebut belum bisa mengubah Anda sedikit pun, sebaiknya pertimbangan untuk melakukan konsultasi pada profesional.

QailaSetiap orang pasti akan mengalami patah hati yang mengubah cara pandangnya terhadap cinta seumur hidupnya.

Posting Komentar untuk "Sadar Diri Posesif Terhadap Pasangan, Apa yang Harus Dilakukan?"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *